Unsur-Unsur Fisik Puisi, Pengertian dan Contoh Puisi

Daftar isi :
    Unsur fisik puisi tidak kalah penting dengan unsur fisik puisi untuk diketahui. Apakah yang dimaksud unsur batin puisi? Di sini kami akan membahas semua tentang puisi, mulai dari unsur-unsur puisi, penjelasan fisik unsur fisik puisi, dan struktur batin puisi serta contoh puisi yang baik.
    Baca juga : Unsur-Unsur Batin Puisi

    Unsur-Unsur Fisik Puisi, Pengertian dan Contoh Puisi

    Unsur Fisik

    Unsur fisik meliputi diksi, pengimajian, kata konkret, bahasa figuratif, rima dan ritma, serta tata wajah.

    a. Diksi (Pemilihan Kata)

    Kata-kata yang digunakan dalam puisi merupakan hasil pemilihan yang sangat cermat. Kata-kata tersebut merupakan hasil pertimbangan, baik makna, susunan bunyinya maupun hubungan kata itu dengan kata-kata lain dalam baris dan baitnya.

    Kedudukan kata-kata dalam puisi sangat penting. Kata-kata ini harus bersifat konotatif sehingga maknanya dapat lebih dari satu. Kata-kata yang dipilih, hendaknya, bersifat puitis, yang mempunyai efek keindahan. Bunyinya pun harus indah dan memiliki keharmonisan dengan kata-kata lainnya.


    b. Pengimajian

    Pengimajian dapat didefinisikan sebagai kata atau susunan kata yang dapat menimbulkan khayalan atau imajinasi. Dengan daya imajinasi tersebut, pembaca seolah-olah merasakan, mendengar, atau melihat sesuatu yang diungkapkan penyair.

    Perhatikan cuplikan puisi berikut:

    Kehilangan Mestika

    Sepoi berhembus angin menyejuk diri
    Kelana termenung merenung air
    lincah bermain ditimpa sinar
    Hanya sebuah bintang
    kelap kemilau
    tercampak di langit tidak berteman
    Hatiku-hatiku
    belum juga sejuk dibuai bayu
    girang beriak mencontoh air
    Atau laksana bintang biarpun sunyi
    tetap bersinar berbinar-binar
    petunjuk nelayan di samudera lautan

    (Aoh Kartahadimadja)

    Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar menjelaskan makna idiomatik dan mengungkapkan unsur intrinsik dalam puisi. Tujuan pelajaran ini adalah agar Anda dapat menemukan diksi, majas, tema, amanat, nada, dan suasana dalam puisi tersebut. Kemudian, Anda dapat menyimpulkan pesan yang tersirat dalam puisi tersebut.

    Penyair dalam puisi ini menggambarkan gerak alam seperti hembusan angin, permainan air, bintang bersinar. Dengan penggambaran yang cukup jelas itu, pembaca seakan-akan ikut menyaksikan girang dan kemilaunya suasana alam, serta merasakan keadaan hati kelana yang tengah bersedih.

    c. Kata Konkret

    Untuk membangkitkan imajinasi pembaca, kata-kata harus dikonkretkan atau diperjelas. Jika penyair mahir mengonkretkan kata-kata, pembaca seolah-olah melihat, mendengar, atau merasakan apa yang dilukiskan penyair dan dapat membayangkan secara jelas peristiwa atau keadaan yang dilukiskan penyair.

    Perhatikan contoh cuplikan puisi yang berjudul "Gadis Peminta-minta" di bawah ini:
    Gadis Peminta-minta

    Setiap kita bertemu, gadis kecil berkaleng kecil
    Senyummu terlalu kekal untuk kenal duka
    Tengadah padaku, pada bulan merah jambu
    Tapi kataku jadi hilang, tanpa jiwa
    Ingin aku ikut, gadis kecil berkaleng kecil
    Pulang ke bawah jembatan yang melulur solok
    Hidup dari, kehidupan angan-angan yang gemerlapan
    Gembira ria kemanjaan riang
    Duniamu yang lebih tinggi dari menara katedral
    Melintas-Iintas di atas air kotor, tapi yang begitu kau hafal
    Jiwa begitu murni, terlalu murni
    Untuk bisa membagi dukaku

    (Toto Sudarto Bachtiar)

    Untuk melukiskan bahwa gadis dalam puisi ini benar-benar seorang pengemis gembel, penyair menggunakan kalimat gadis kecil berkaleng kecil. Penggambaran ini lebih konkret daripada hanya menggunakan kalimat gadis peminta-minta atau gadis miskin. Untuk melukiskan tempat tidur pengap di bawah jembatan yang hanya dapat digunakan untuk menelentangkan tubuh, penyair menulis pulang ke bawah jembatan yang melulur sosok.

    Untuk mengkonkretkan dunia pengemis yang penuh kemayaan, penyair menulis hidup dari kehidupan angan-angan yang gemerlapan, gembira ria kemanjaan serta riang. Untuk mengonkretkan gambaran tentang martabat gadis itu yang sama tingginya dengan martabat manusia lainnya, penyair menulis duniamu yang lebih tinggi dari menara katedral.

    d. Bahasa Figuratif (Majas)

    Majas (figurative language) adalah bahasa yang digunakan penyair untuk mengatakan sesuatu dengan cara membandingkannya dengan benda atau kata lain. Majas mengiaskan atau mempersamakan sesuatu dengan hal yang lain. Maksudnya, agar gambaran benda yang dibandingkan itu lebih jelas.

    Misalnya, untuk menggambarkan keadaan ombak, penyair menggunakan majas personifikasi berikut:

    Risik risau ombak memecah di pantai landai buih berderai

    Dalam cuplikan puisi tersebut, ombak digambarkan seolah-olah manusia yang dapat risik dan memiliki rasa risau. Majas seperti ini menjadikan puisi lebih indah. Perhatikan, misalnya, untaian kata-kata di pantai landai/buih berderai. Kata-kata itu tampak indah (puitis) dengan digunakannya persamaan bunyi /a/ dan /i/.

    Sumber: PDS H.B Jassin

    Kedalaman rasa ketuhanan tampak dalam pemilihan kata, ungkapan, lambang, dan kiasan-kiasan yang digunakan penyair. Unsur-unsur tersebut menunjukkan betapa erat hubungan antara penyair dan Tuhan. Puisi itu juga menunjukkan keinginan penyair agar Tuhan mengisi seluruh kalbunya. Tentang besarnya cinta, kerinduan, dan kepasrahan penyair akan Tuhannya, dapat kita rasakan secara nyata dalam sajak ini.

    e. Rima dan Ritma

    Rima adalah pengulangan bunyi dalam puisi. Rima menjadikan puisi lebih indah. Di samping itu, rima pun menjadikan makna lebih kuat. Contoh rima adalah: Dan angin mendesah/mengeluh mendesah. Di samping rima, dikenal pula istilah ritma, yang artinya pengulangan kata, frase, atau kalimat dalam bait-bait puisi.


    f. Tata Wajah (Tipografi)

    Tata wajah (tipografi) merupakan pembeda penting antara puisi dengan prosa dan drama. Larik-Iarik puisi tidak berbentuk paragraf, namun berbentuk bait. Dalam puisi-puisi kontemporer, seperti karya-karya Sutardji Calzoum Bachri, tipografi dipandang sebagai sesuatu yang sangat penting sehingga menggeser kedudukan makna kata-kata.

    Itulah pemaparan mengenai Unsur-Unsur Fisik Puisi, Pengertian dan Contoh Puisi, semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda.