Root Redmi 5A manual dengan TWRP v3.2.3 dan Magisk

Daftar isi :
    Anda yang ingin me-root Xiaomi Redmi 5A secara manual menggunakan build TWRP resmi terbaru dan root Magisk. Ini berarti Anda tidak perlu meminta bantuan teman Anda hanya untuk me-rooting ponsel Anda. Selain itu, membawa telepon ke Xiaomi Service Center tidak ada gunanya karena rooting jauh melampaui layanan mereka.

    Redmi 5A adalah salah satu seri ponsel murah Xiaomi dengan jumlah penjualan sangat besar. Harganya sangat murah sementara olahraga spesifikasi perangkat keras yang layak. Telepon, yang memiliki nama kode Riva, menjalankan MIUI ROM Global Stable dan China Stable.

    Dengan rilis pembaruan MIUI biasa, ada kebutuhan untuk menyesuaikan alat root yang diperlukan untuk tugas tersebut. Misalnya, ponsel yang menjalankan versi MIUI terbaru perlu menggunakan versi terbaru pemulihan TWRP. Ada beberapa alat root berbasis Otomatis atau Semi-otomatis Windows yang dapat memperoleh akses root. Namun, terkadang alat seperti itu tidak memiliki versi TWRP terbaru yang termasuk dalam paket.

    Dengan mengikuti artikel ini, Anda dapat memperoleh akses root penuh pada Redmi 5A Anda yang menjalankan MIUI v9.6.5 berdasarkan Android 7.1 Nougat. Selain itu, ini juga kompatibel dengan versi MIUI sebelumnya.

    TUJUAN
    Tujuan utama dari artikel ini adalah:
    • Untuk mem-flash TWRP Recovery v3.2.3-0 di Redmi 5A.
    • Untuk mem-flash alat root Magisk di Redmi 5A.
    • PERSYARATAN

    Root Redmi 5A manual dengan TWRP

    1. Buka Perangkat Redmi 5A.
    2. Pasang Kabel data USB yang kompatibel.
    3. Komputer yang menjalankan Windows 8 / 8.1 / 10 64-bit.
    4. Xiaomi ADB-Fastboot Driver atau alat Mi Flash.
    5. TWRP v3.2.3-0 untuk Riva.
    6. Versi terbaru dari file zip Magisk.
    7. File zip DM Verity Disabler.
    8. Secangkir kopi atau teh (opsional).

    Anda harus menyelesaikan tugas-tugas berikut sebelum me-rooting perangkat MIUI Anda:

    1. Buka kunci bootloader ponsel Anda secara resmi. Ini sangat mudah tetapi mungkin perlu waktu. Baca panduan lengkap kami tentang cara melakukan ini di sini.
    2. Nonaktifkan Driver Signature Enforcement di komputer Windows Anda. Ini memungkinkan proses instalasi yang lancar, atau Anda akan gagal menginstal driver yang diperlukan. Tutorial lengkapnya ada di sini.
    3. Instal perangkat lunak driver USB Xiaomi ADB-Fastboot yang telah Anda unduh dari tautan di atas. Ini memungkinkan komputer Anda mengenali perangkat Android Anda dengan benar. Selain itu, ini memastikan Anda dapat membuat koneksi ADB dan Fastboot saat ponsel dalam mode Bootloader dan USB Debugging diaktifkan.
    4. Pilih instalasi di seluruh situs selama proses berlangsung. Setelah diinstal, Anda akan memilikinya di drive Anda C: \ adb \. Anda juga dapat menggunakan alat Mi Flash sebagai gantinya.

    Alat ini menggabungkan semua driver yang diperlukan dalam pemasangannya.

    Cadangkan data penting Anda. Kami tidak bertanggung jawab atas kerusakan potensial dari mengikuti artikel ini. Silakan lanjutkan dengan hati-hati.

    Cara Flashing TWRP

    Ikuti semua langkah di bawah ini untuk menginstal TWRP di ponsel Anda:

    1. Unduh file gambar TWRP dari tautan di atas ke komputer Anda dan ganti namanya menjadi recovery.img.
    2. Salin file recovery.img ke folder C: \ adb \.
    3. Aktifkan Opsi Pengembang. Buka Pengaturan> Tentang ponsel> ketuk versi MIUI beberapa kali hingga opsi pengembang diaktifkan.
    4. Aktifkan USB Debugging melalui Pengaturan> Pengaturan Tambahan> Opsi Pengembang> USB Debugging> untuk mengaktifkannya.
    5. Reboot ponsel Anda ke mode bootloader / fastboot. Anda dapat menggunakan metode kombinasi tombol atau menggunakan metode ADB. Baca panduan lengkap kami tentang mode bootloader Redmi 5A di sini.
    6. Hubungkan ponsel Anda ke komputer menggunakan kabel USB-nya.

    Di komputer Anda, buka folder ADB di Windows Explorer. Ini biasanya terletak di C: \ adb \.
    • Ketik "cmd" - tanpa tanda kutip - di bilah Alamat Windows Explorer, lalu tekan Enter. Ini akan meluncurkan jendela Command Prompt tepat di lokasi saat ini.
    • Ketik "perangkat fastboot" dan tekan Enter. Perintah ini meminta komputer Anda untuk membuat koneksi fastboot dan menampilkan semua perangkat yang terhubung. Anda akan melihat nomor kode ponsel Anda dalam daftar.
    • Ketik "fastboot flash recovery recovery.img" dan tekan Enter. Ini menginstruksikan komputer untuk mem-flash file gambar TWRP ke ponsel melalui antarmuka fastboot. Proses akan selesai dalam beberapa detik.
    • Ketik "fastboot reboot" dan tekan Enter. Ini akan mem-boot perangkat Anda ke mode normal.
    Anda dapat memutuskan koneksi dari komputer Anda jika Anda mau.

    p.s: Semua perintah yang dijalankan pada langkah-langkah di atas dan di bawah ini berada dalam tanda kutip. Jangan menyalin atau menggunakan kutipan.

    Masalah Flashing

    Anggap saja ponsel Anda sekarang dalam mode normal. Anda dapat mengunduh file zip Magisk dan DM Verity Disabler langsung ke ponsel Anda atau mengambilnya ke komputer dan mentransfernya ke ponsel Anda nanti. Intinya adalah Anda harus memiliki kedua file zip di penyimpanan telepon.
    Mulai ulang ponsel Anda ke mode Pemulihan.

    Cara termudah untuk menyelesaikan tugas ini adalah dengan mematikan telepon Anda sepenuhnya kemudian tekan tombol Daya dan Volume Naik (+) secara bersamaan. Ada beberapa cara lain untuk masuk ke mode pemulihan. Baca di sini untuk tutorial lengkap tentang topik ini.

    Jika ini adalah pertama kalinya Anda menggunakan TWRP, Anda harus menggesek untuk mengizinkan modifikasi sistem.

    1. Selanjutnya, Anda akan melihat menu TWRP utama. Dari sini, pilih Instal.
    2. Sekarang cari file zip Magisk yang telah Anda salin sebelumnya. Ketuk nama file untuk memilihnya.
    3. Terakhir, lakukan tindakan "Gesek untuk mengonfirmasi flash".
    4. TWRP kemudian akan mem-flash Magisk ke ponsel Anda.

    Menghindari Bootloop

    1. Kembali ke menu utama TWRP.
    2. Sekali lagi, pilih Instal dari menu.
    3. Temukan file zip No Verity atau DM Verity Disabler. Ketuk nama file untuk memilihnya.
    4. Lakukan tindakan "Swipe to confirm flash".
    5. TWRP kemudian akan mem-flash file zip ke ponsel Anda.
    6. Akhirnya, ketuk menu Reboot.
    7. Ponsel Anda kemudian akan reboot ke mode normal.

     Baca Juga : Solusi CorelDraw Tidak Bisa Save

    Langkah tambahan:

    Aplikasi baru bernama "Magisk Manager" akan diinstal secara otomatis setelah mem-flash file zip Magisk. Cari ikon aplikasi ini di ponsel Anda. Ada kasus langka yang mungkin tidak ditemukan karena proses flashing yang rusak. Jika ini terjadi, Anda dapat mengunduh file .apk Magisk Manager di sini dan menginstalnya secara manual.

    Magisk Manager pada dasarnya adalah aplikasi root manager. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengatur semua aplikasi yang diizinkan untuk menggunakan akses root pada ponsel Anda. Anda dapat memberikan atau mencabut akses root dalam aplikasi ini.

    Selain itu, Anda dapat menggunakannya untuk menyembunyikan status root agar tidak terdeteksi oleh aplikasi tertentu. Fitur ini berguna untuk menghindari deteksi root yang dilakukan oleh aplikasi perbankan dan beberapa aplikasi game seperti Pokemon Go.

    Anda juga dapat memeriksa status root saat ini dengan mengunduh aplikasi Root Checker dari Play Store. Cari di sana.

    KESIMPULAN

    Meskipun TWRP adalah pemulihan khusus yang kuat, TWRP memerlukan beberapa upaya untuk mem-flash. Selain itu, ia menuntut bootloader yang tidak dikunci dan DM verity Disabler. Redmi 5A adalah salah satu perangkat dengan mekanisme dm-verity. Karenanya, mem-flash pemulihan khusus dan binari pihak ketiga seperti Magisk mengharuskan Anda menggunakan patch DM-Verity untuk menghindari bootloop.

    Mem-flash TWRP dan mendapatkan akses root kadang-kadang bisa jadi menantang sekaligus menyenangkan. Melewati proses manual seperti itu sulit tetapi memberikan pengalaman berbeda untuk meningkatkan pengetahuan Anda dan untuk mempertajam keterampilan Anda. Di atas semua itu, itu memberi Anda kepuasan canggih ketika berhasil.

    Jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini. Beri tahu kami pengalaman atau kesulitan Anda selama proses jika Anda menemukannya.