Cara Mudah Membuat Kartu KIS ONLINE Jawa Barat

Daftar isi :
    Cara Membuat Kartu KIS ONLINE Jawa Barat - KIS atau Kartu Indonesia Sehat merupakan sebuah kartu yang dapat digunakan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan atau sebagai jaminan.kesehatan bagi warga - warga yang miskin dan kurang mampu dalam hal ekonomi dan pendapatan minim. Setiap warga jawa barat dan sekitar nya  yang pegang Kartu KIS akan mendapatkan pelayanan kesehatan atau berobat ke fasilitas kesehatan di rumah sakit secara gratis karena semua biaya pengobatan ditanggung oleh Pemerintah. Untuk itu KIS sangat bermamfaat bagi setiap warga jawa barat yang miskin dan kurang mampu dianjurkan memiliki Kartu KIS.

    Cara mendapatkan kartu KIS secara Online sebenarnya mudah kok karena anda tidak harus memiliki rekening Bank sebagai sarana pembayaran iuran.
    Iuran akan dibayarkan sepenuhnya tiap bulan dan berhak atas kelas III.


    Cara Membuat Kartu KIS ONLINE Jawa Barat

    Berikut ini mimin akan jelaskan cara membuat kartu KIS Online  :

    Ada berbagai cara mendaftar menjadi peserta BPJS Kesehatan yang akan mimin jelaskan disini dan Satu di antaranya mendaftar BPJS Kesehatan secara online. Cara Daftar BPJS Kesehatan via online memang sangat disarankan karena akan sangat memudahkan.

    Jadi Anda tidak perlu repot-repot antri panjang di loket pendaftaran kantor BPJS Kesehatan. Anda perlu membuka website resmi BPJS Kesehatan di Situs BPJS Kesehatan. Sebelum Anda mendaftarkan diri, ada baiknya anda baca baca terlebih dahulu tentang pengarahan prosedural dan permintaan persetujuan dari calon peserta BPJS Kesehatan sebelum melanjutkan proses pendaftaran.

    Berikut ini cara daftar BPJS Kesehatan secara online:

    Cara Daftar BPJS Kesehatan Secara Online

    Persyaratan yang harus anda siapkan sebelum mendaftar yaitu :
    • Warga miskin atau kurang mampu, PMKS disability, gangguan jiwa
    • Lansia terlantar, anak jalanan atau pengemis yang sudah terdaftar di BPJS Kesehatan dan PBI dari pemerintah Jawa Barat.
    • Namanya sudah tercantum didalam system data terpadu PPLS 2011 yang telah didata oleh BPJS Jawa barat.
    • Silahkan cek ke Puskesmas atau cabang BPJS Kesehatan setempat untuk mengetahuinya.
    • Pemegang kartu Jamkesmas yang sudah mendaftarkan di kantor BPJS Kesehatan Jawa Barat.


    Cara 1 - Cara Membuat Kartu KIS

    1. Terlebih dahulu anda harus menyiapkan KTP dan KK
    2. Anda juga perlu Membuat SKTM (Surat Keterangan Tidak Mampu) di Kelurahan setempat dan anda juga membawa surat pengantar dari RT/RW.
    3. Anda bisa Menuju ke Puskesmas setempat untuk meminta surat Pengatar Pendaftaran BPJS sebagai peserta PBI yang nantinya akan mendaparkan kartu KIS.
    4. Setelah semua dokumen tersebut telah siap, silahkan menuju ke Kantor BPJS Kesehatan, kemudian ikuti saja semua aturan atau arahan dari pihak BPJS Kesehatan.

    Jika Anda masih merasa bingung atau masih ragu-ragu dan belum memahami bagaimana prosedur untuk mendapatkan kartu KIS di kota Anda, maka Anda dapat menanyakan atau berkoordinasi ke Puskemas tempat Anda atau datang langsung ke Kantor BPJS di kota Anda untuk menanyakan prosedur mendapatkan kartu KIS.
    Demikian Cara Pertama Membuat Karti KIS yang bisa Anda lakukan. Kartu KIS sangat bermanfaat sekali, terutama bagi Anda yang merasa kehidupannya pas-pasan atau kurang mampu. Dengan kartu KIS, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya berobat di fasilitas kesehatan. Lanjut

    Cara 2 - Cara Daftar KIS Melalui Telepon atau pakai hp

    Kabar Gembira kini Warga dapat membuat kartu KIS dan JKN lebih mudah dan hanya dengan mendaftar menjadi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dengan menggunakan telepon. 

    Adapun cara mendapatkan Kartu KIS dengan mengikuti pendaftaran JKN-KIS melalui telepon.

    yakni lewat BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

    Bagaimana cara mendaftar sebagai peserta JKN-KIS melalui telepon ?
    Jadi ada beberapa hal yang mesti anda disiapkan untuk menjadi calon peserta sebelum mendaftar via telepon. 

    Karena petugas care center akan menanyakan beberapa informasi.
    • Kartu Keluarga (KK)
    • Nomor Induk Kependudukan (NIK),
    • Nomor Rekening tabungan
    • Nomor handphone
    • Alamat tempat tinggal untuk pengiriman kartu,
    • Email
    Sebenarnya ada 3 bank yang telah bekerja sama dengan BPJS Kesehatan yaitu BRI, Bank Mandiri, dan BTN. 

    Setelah syarat terpenuhi, anda bisa menelpon di 1500-400. 

    Agar mudah diingat. Jadi biar pas dial Panggilan, langsung ingat 1500-400. Telpon langsung, maka Calon peserta JKN-KIS akan dilayani oleh agent care center dan rekaman pembicaraan telpon kalian yang menjadi bukti pendaftaran. Setelah care center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, maka nomor virtual account akan dikirim ke nomor hp anda atau email anda.

    Setelah mendapat nomor virtual account, anda diwajibkan membayar iuran pertama yang harus dibayarkan paling cepat 14 hari dan paling lambat 30 hari setelah nomor virtual account diterbitkan. yang mendaftar melalui telepon wajib melakukan pembayaran pertama ke bank, dan pembayaran selanjutnya dengan mekanisme autodebet dari rekening. 

    Cara 3- Mendaftar online JKN-KIS

    Cara mendaftar online JKN-KIS  bisa dilakukan di kantor BPJS Kesehatan mana pun yang terdekat atau sesuai alamat di KTP. 

    Selain itu, bisa mendaftar lewat aplikasi JKN Mobile di hp secara online..

    Berikut ini langkah-langkah untuk mendaftar keanggotaan BPJS Kesehatan secara mandiri dan mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS):

    1. Anda mendaftar sebagai Calon pesertasecara perorangan di kantor BPJS Kesehatan

    2. Anda dapat Mendaftarkan diri dan anggota keluarga yang ada di kartu keluarga

    3. Mengisi formulir Daftar Isian Peserta (DIP) dengan melampirkan:
    • Fotokopi kartu keluarga (KK)
    • Fotokopi buku tabungan salah satu peserta yang ada di dalam kartu keluarga untuk pendaftaran di kelas 1 dan 2
    4. Setelah mendaftar, calon peserta akan memperoleh SMS berisi nomor virtual account (VA) dan tanggal pembayaran pertama. Satu nomor VA untuk pembayaran satu keluarga.

    5. Melakukan pembayaran iuran ke ATM bank yang bekerja sama (BRI/Mandiri/BNI/BTN) dan melalui pihak yang bekerja sama (minimarket, Kantor Pos, dan sebagainya).

    6. Setelah pembayaran dilakukan, peserta akan mendapatkan kartu KIS BPJS Kesehatan yang dikirimkan oleh BPJS Kesehatan paling lambat 6 hari kerja. 

    Pendaftaran selain di kantor BPJS Kesehatan dapat dilakukan di kanal-kanal berikut, antara lain website BPJS Kesehatan, care center BPJS Kesehatan 1500-400, mobile JKN, 

    Semoga bermamfaat, terima kasih