Tanya Jawab Lengkap Jawaban Seputar Masalah DAPODIK Onine 2020

Daftar isi :
    Dapodik paud atau aplikasi paud dikmas adalah aplikasi yang pemerintah gunakan untuk melakukan penjaringan data pokok penidikan usia dini. Aplikasi dapodik tahun 2020 pun telah diperbaharui sehingga cara download dan login dapodik akan lebih mudah. Pasti kalian ingin tau bukan, tanya jawab lengkap jawaban seputar dapodik online 2020? Untuk itu, simak ulasan berikut ini

     Pertanyaan Terkait Dapodik 2020 Beserta Solusinya

    Banyak pertanyaan seputar masalah mengenai DAPODIK online ini, maka dari itu kami merangkum semua pertanyaan beserta jawabannya sebagai berikut

    1. Validasi Lokal Berwarna Merah denganKketerangan Invalid?


    Apa pengaruhnya jika saat Validasi muncul warna merah akan mempengarui sinkronisasi. Pieces sinkronisasi pada aplikasi dapodik hanya dapat dilakukan jika semua data sudah significant, dan tidak ada lagi data yang invalid bertanda merah. Terkait dengan tanda alerted pada validasi baik lokal maupun pusat masih diperbolehkan untuk sinkronisasi.


    2. Validasi Lokal Berwarna Kuning dengan Keterangan Advised?


    Validasi dengan warna kuning berarti advised, cukup menjadi peringatan dan ada kemungkinan di kemudian hari akan menjadi invalid. Pastikan data semua significant dan dapat dipertanggungjawabkan kualitas serta kebenaran datanya


    3. Bagaimana dengan Peserta Didik yang Tidak Punya KK ?

    Peserta didik yang belum memiliki KK atau belum mengisikan nomor KK ke dalam aplikasi dapodik 2020 maka masih berstatus advised.


    4. Apakah Wajib Mengisi KK


    Belum menjadi kewajiban, namun disarankan untuk melengkapi data isian peserta didik dengan selengkap-lengkapnya


    5. Apa yang Dimaksud dengan Kelulusan Bersama Siswa Tingkat Akhir, 6, 9, 12 dan 13?

    Siswa tersebut di keluarkan dari sekolah nya dengan status lulus di catat per tanggal 1 Juni 2019. Hal ini dimaksudkan untuk mempercepat pieces pendataan


    6. Jika Ada Siswa Tidak Lulus Sekolah, Apa yang Harus Dilakukan ?

    lapor ke overseer dinas pendidikan untuk dilakukan pembatalan siswa keluar ,kemudian dinas memasukkan kembali siswa tersebut ke rombel sesuai tingkat nya di sekolah tersebut.


    7. Cara Menambah/menarik Siswa Baru ke Dalam Aplikasi Dapodik?

    dengan menggunakan web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id, login sekolah kemudian mencari siswa tersebut di sekolah asalnya, dan masukkan ke dalam rombel. Pieces dengan cara klik tombol tarik. Kemudian dengan aplikasi dapodik sekolah lakukan sinkronisasi. Maka siswa hasil tarik tersebut akan masuk ke dalam aplikasi dapodik sekolah secara otomatis tanpa menginput biodata siswa tersebut.


    8. Bagaimana Jika ada Kesalahan?

    Kesalahan yang dimaksud dapat berupa Isian pada kolom SK Pengangkatan, TMT Pengangkatan, lembaga pengangkat di tabel PTK. Solusinya yaitu hubungi overseer dapodik di dinas pendidikan setempat, data yang terkunci hanya dapat diperbaiki oleh manager dinas pendidikan


    9. Kenapa Data No KIP, KPS, dll Tidak Muncul Lagi di Tabel Peserta Didik,?

    Data tersebut sudah dipindahkan ke tabel kesejahteraan peserta didik


    10. Jika ada Data Nomor yang Baru, Apa yang Harus Dilakukan di Application Dapodik ?

    Buka tabel kesejahteraan peserta didik, lalu inputkan nomor kartu di tabel tersebut.


    11. Apa yang Dimaksud dengan Data Periodik, Lalu Bagaimana Cara Mengisinya?

    • Data periodik adalah data yang harus diupdate setiap periode semester tahun pelajaran, data semester lalu akan tersimpang sebagai histori dan data semester selanjutkan harus diisikan ulang karena dimungkinkan sekali akan mengalami perubahan kondisi. 
    • Cara mengisi dapat dilakukan secara manual (input ulang) atau menggunakan fitur yang sudah di sediakan pada movement menu lanjutkan data periodik PD atau PTK, data yang tersalin secara otomatis dari semester ganjil ke semester genap.


    12. Jika Ada Siswa Mutasi dari Sekolah Lain Apa yang Harus di Lakukan?

    • Bisa menggunakan fitur mutasi on the web (tarik PD online melalui website dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id) atau mutasi manual (input ulang pada aplikasi), fitur ini bersifat pilihan.
    • Tidak boleh melakukan mutasi manual (input ulang pada aplikasi), jika sudah melakukan mutasi on the web (tarik PD on the web).

    13. Bagaimana Cara Mengajukan NUPTK Melalui Dapodik?

    • Lakukan pengisian dapodik secara benar.
    • Kosongkan tabel NUPTK pada aplikasi dapodik (yang belum mempunyai NUPTK), dan yang akan memvalidasi adalah pihak dari PDSP akan di terbitkan sesuai dengan kebutuhan ace di daerahnya masing-masing dan sesuai dengan pengajuan dari Direktorat GTK.

    14. Apa yang Harus Dilakukan Jika Saat Registrasi Muncul Keterangan "Kode Registrasi Tidak Ditemukan"?

    1. Cek pada coordinator prefill yang ada di C:/prefill_dapodik, apakah prefill-nya sudah diunduh dan disimpan pada envelope tersebut atau belum. 
    2. Kalau belum maka segera unduh prefill-nya pada alamat http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/pada bagian unduhan Download Data Prefill. 
    3. Kemudian masukkan kode registrasi.
    4. Setelah itu klik unduh di tulisan sini. Langkah selanjutnya simpan di envelope C:/prefill_dapodik.

    15. Apa yang Harus Dilakukan Jika Saat Registrasi Muncul Keterangan "Beberapa Data Tidak Masuk''

    Hubungi KKDatadik kabupaten masing-masing atau hubungi Customer Service Dapodik pusat.

    16. Apa yang Harus Dilakukan Jika Nama Sekolah di Aplikasi Tidak Sesuai?

    Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk meminta bantuan mengubah nama sekolah. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.


    17. Apa yang Harus Dilakukan Jika Nama Kabupaten/kota di Aplikasi Tidak Sesuai?

    Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta bantuan mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.


    18. Apa yang Harus Dilakukan Jika Nama Kecamatan di Aplikasi Tidak Sesuai?

    Silakan hubungi dinas kabupaten/kota bagian Data Pokok Pendidikan (Dapodik) untuk minta bantuan mengubah nama sekolah menjadi yang sebetulnya. Seandainya dinas kabupaten/kota tidak bisa, maka silakan menghubungi Helpdesk Pusat.


    19. Apa yang Harus dilakukan Jika di Beranda Terdapat Keterangan "Kepsek Belum Dipilih"?

    Silahkan buka Aplikasi Dapodik, lalu pada tab PTK pilih nama Kepseknya, lalu klik tombol ubah. Lihat pada bagian rincian data PTK pada tab Tugas Tambahan, di situ klik tambah lalu masukkan data kepseknya. Setelah semua data selesai diinput, kemudian klik simpan.


    20. Bagaimana Jika Setelah Dipindahkan ke Tabel Utama, Data PTK/Peserta Didik Hilang?

    Bila setelah menambahkan data PTK atau Peserta Didik baru, baik itu pindahan atau baru, datanya tidak tampil di tabel utama, silakan lakukan sinkronisasi untuk mengambil data dari server agar SP (Store Prosedure) berjalan dan PTK/Peserta Didik bisa tampil di tabel utama.

    klik Action Menu lalu pilih PTK "belum penugasan", atau tampilkan data peserta didik belum registrasi dan lakukan stimulate dengan menekan tombol ctrl+f5,


    21. Apa Solusinya Jika Terjadi Kesalahan Input Nama, Tanggal Lahir, dan NISN Peserta Didik?

    Bisa diedit atau diperbaiki melalui http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id/

    Setelah melakukan modify data, silakan sinkronisasi agar perubahan turun ke lokal (Aplikasi Dapodik di sekolah).


    22. Bagaimana Jika Sekolah Kami Ingin Melakukan Merger dengan Sekolah Lain?

    Silakan hubungi dinas kabupaten/kota setempat dengan menyerahkan SK Penggabungan dari dinas, atau bisa melalui email resmi yang tertera di http://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/, Lampirkan SK dan data pendukung yang diperlukan serta daftar data yang akan digabungkan.


    23. Bagaimana Cara Mendapatkan Kembali Data yang Hilang?

    Data bisa diambil kembali apabila sekolah pernah melakukan sinkronisasi sebelumnya. Data bisa diambil dengan melakukan produce prefill yang bisa dilakukan sekolah sendiri atau melalui dinas kabupaten/kota. Setelah di make, silakan present aplikasinya dan lakukan registrasi dengan username dan mystery state yang sama.

    Bapak ibu head dapodik, ini artikel yang saya rangkum dari berbagai sumber terkait permasalahan seputar dapodik Versi 2020 dalam bentuk tanya jawab sebagai berikut


    (1) Tanya : Database masih terdeteksi versi lama 2.98d

    Jawab : Clear store/hapus histori program lalu reload


    (2) Tanya : Siswa tidak lulus, Siswa DO masuk kembali, Bagaimana caranya ?

    Jawab : Lapor ke dinas kabkota utk membatalkan siswa kluar nya di aplikasi manajemen dinas lalu Skolah coordinate. Maka siswa tsb mncul di application dapodik skolahnya lg. Masukkan kembali ke rombel yg sesuai. Jgn lupa sesuaikan juga dg registrasi peserta didiknya.


    (3) Tanya : Kenapa tmt kgb/pangkat dan golongan di nyatakan invalid padahal isiannya sesuai 2019-04-01

    Jawab : Hapus baris tmt tsb lalu inputkan lagi dg isi yg sama. kmudian synchronize


    (4) Tanya : kenapa saat instalasi terjadi eror dgn notif "VCRUNTIME140.dll not found"

    Jawab : ada komponen windows yg kurang. Unduh komponen tsb di [https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=48145&fbclid=IwAR0F2Dr9EvEH2lM1_TrfcTs7UmcUfbSIllbzaxXNl-LI39LRdABAaWa87UM](https://www.microsoft.com/en-us/download/details.aspx?id=48145&fbclid=IwAR0F2Dr9EvEH2lM1_TrfcTs7UmcUfbSIllbzaxXNl-LI39LRdABAaWa87UM) lalu inatall kembali application dapodik nya.


    (5) Tanya : saat instalasi terjadi eror dgn Notif THE APLICATION WAS UNABLE TO START CORRECTLY (0xc000007B) ?

    Jawab : ini disebabkan karena ada palikasi lain yg sudah terpasang di komputer menggunakan port yg samaa dg dapodik. Cek lg dan uninstall aplikasi tsb yg bentrok dg port milik application dapodik


    (6) Tanya : kenapa di tabel kesejahteraan peserta didik tidak ada pilihan kartu indonesia pintar ?

    Jawab : klik dl tombol penerima kip. Maka pilihan KIP di tabel kesejahteraan pd akan muncul


    (7) Tanya : selesai instalasi malah jumlah Gtk dan tendik 0, tdak ada smua, bgaimana solusinya?

    Jawab : klik tombol salin penugasan di tabel ptk.

    Maka data ptk tahun sblm na akan muncul smua. Penugasan PTK di sekolah harus di setting pertahun ajaran. Dg tombol salin pMaka pilihan KIP di tabel kesejahteraan pd akan muncul


    (7) Tanya : selesai instalasi malah jumlah Gtk dan tendik 0, tdak ada smua, bgaimana solusinya?

    Jawab : klik tombol salin penugasan di tabel ptk. Maka data ptk tahun sblm na akan muncul smua. Penugasan PTK di sekolah harus di setting pertahun ajaran. Dg tombol salin penugasan tsb memudahkan sekolah utk mengassign penugasan msg2 ptk nya di tahun ajaran baru


    (8) Tanya : kenapa di menu validasi data ruang ini tampil, sementara di menu sapras data ruang ini tdak tampil?

    Jawab : sekolah ini pernah memilih. Apabila laman di web dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id mengalami kendala tidak menampilkan berita terbaru di program PC And silakan revive dengan menekan tombol CTRL dan F5 bersamaan.


    Kode Regrestasi


    Kode registrasi bersifat unik dan tidak memiliki kesamaan antara sekolah satu dengan lainnya. Kesalahan dalam penginputan kode registrasi dapat menyebabkan gagal akses aplikasi dapodik. Pastikan semua sekolah memiliki kode registrasi aplikasi dapodik


    Peringatan! Jangan pernah mereset kode registrasi milik sekolah apabila tidak ada permintaan dari administrator sekolah karena akan menyebabkan administrator sekolah tidak dapat melakukan sinkronisasi.


    Gagal Registrasi dan Generate Prefill 

    Penyebab: Username dan secret key tidak sesuai


    Kode registrasi salah ketik

    Solusi: Administrator sekolah memastikan kesesuaian information username dan secret key kepada kkdatadik di dinas pendidikan.


    Administrator kkdatadik melakukan reset secret key jika diperlukan.

    Pada kasus tertentu kadang terjadi karena information penambahan atau perbaikan pengguna belum masuk di server utama sehinga dinilai tidak sesuai, silakan ditunggu 1x24 jam setelah melakukan poin di atas.


    Registrasi Berhasil namun tidak bisa login

    Penyebab: Terdapat akun administrator lebih dari 1 dengan email yang sama

    Solusi: Administrator kkdatadik memastikan bahwa akun administrator sekolah yang aktif hanya 1 , kemudian akun yang lainnya harap dinonaktifkan


    Registrasi Berhasil login hanya muncul GTK Penyebab:

    Akun administrator sama persis dengan akun GTK (username dan secret key)


    Solusi: Administrator kkdatadik mereset username dan secret key akun administrator, pastikan berbeda dengan akun GTK


    Tidak bisa login peserta didik

    Penyebab: Akun login peserta didik tidak berfungsi

    Solusi Akses menu Pengaturan ⇛ manajemen pengguna ⇛ masukan kodereg ⇛ pilih menu Buatkan login untuk PD

    Username menggunakan NISN dan Password menggunkan tanggal lahir (tahun-bulan-tanggal)


    PTK Hilang

    Penyebab: Salah pilih sekolah non-induk saat merger PTK di vervalptk, sehingga information PTK dinonaktifkan

    Solusi: Kirim email ke tim helpdesk dapodik di info.dikdasmen@kemdikbud.go.id dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id


    Information PTK tidak ditemukan saat TARIK PTK

    Penyebab: Terlalu banyak parameter pencarian yang diinputkan atau Customized organization kunci salah saat pencarian

    Solusi: Cukup isi salah satu parameter cari misal nama saja atau nuptk saja


    Tidak bisa konfirmasi TARIK PTK

    Penyebab: Gagal push information ke server utama (break)


    Solusi: Telah dibuatkan devices untuk membantu konfirmasi Tarik PTK di akses manajemen kkdatadik dinas pendidikan


    Salah Input NUPTK (Terkunci)

    Penyebab: Salah input saat pertama kali tambah information GTK

    Solusi: Lakukan sinkronisasi, jika terdapat perbedaan antara arsip NUPTK dan inputan di Dapodik maka dalam menu validasi pusat akan terbaca status invalid. Sehingga kuncian information NUPTK dibukakan. Lakukan alter information NUPTK di aplikasi dapodik


    Administrator Sekolah melakukan verifikasi melalui VervalPTK dengan mengajukan perubahan information.

    Administrator kkdatadik mengapprove permohonan perubahan information yang diajukan pihak sekolah. Apabila masih belum terproses perubahannya silakan hubungi tim helpdesk dapodikdasmen


    Status BOS berubah menjadi tidak

    Penyebab: Belum mengisi information periodik sekolah

    Solusi: Administrator sekolah mengisi information periodik sekolah di information Rincian Sekolah. Pastikan pilih "Ya" pada status menerima BOS.


    Terkadang permasalahan mungkin saja berbeda disetiap tempat. Tapi setiap ada masalah pasti ada jalan. Semoga bermanfaat