Review Realme X Spesifikasi Hp Kelas Dewa

Daftar isi :

    Kami sudah pernah ke sana sebelumnya - apakah itu huruf 'X' atau apakah angka Romawi untuk 10? Sama seperti waktu sebelumnya, ada semacam jawaban yang masuk akal - Realme X adalah smartphone kesepuluh perusahaan. Bahkan dengan pengkondisian yang sudah kita miliki dari iPhone Ten, kita masih condong ke arah eX. Ngomong-ngomong, jangan fokus pada penamaan dan alih-alih melihat telepon yang merupakan Realme X.

    Untuk model ulang tahun ini, Realme menambahkan banyak barang yang tidak akan Anda temukan di salah satu dari 9 handset lainnya di jajaran yang berkembang pesat ini. Yang paling utama di antara mereka adalah tampilan OLED - ini yang pertama untuk merek dan ini adalah FullHD + besar, notchless, 6.53 inci + satu - tempat yang bagus untuk memulai.

    Bit 'notchless' di atas menunjukkan fitur pendefinisian kedua X - itu punya kamera self-up popup terselip di bingkai atas. Dan, ini adalah tampilan OLED, Anda juga dapat memiliki sensor sidik jari di bawahnya.


    Berikut ini ikhtisar apa lagi yang akan Anda temukan di Realme terbaru.


    Spesifikasi Realme X

    Tubuh: Plastik belakang dan bingkai, Gorilla Glass 5 depan; 161.3x76.1x8.6mm, 191g; Skema warna uap putih dan Punk biru.

    Layar: 6,53 inci, aspek 19,5: 9, resolusi 1080x2340px, 394ppi, OLED.

    Kamera Belakang: 48MP Utama, lensa f / 1.7; sensor kedalaman 5MP sekunder; LED flash; Rekaman video 4K @ 30fps.

    Kamera Depan: 16MP, f / 2.0; Perekaman video 1080p @ 30fps.

    Chipset: Snapdragon 710, CPU octa-core (2x2.2 GHz 360 Gold & 6x1.7 GHz Kryo 360 Silver), Adreno 616.

    Memori: 4/6 / 8GB RAM, 64 / 128GB penyimpanan, tidak ada slot microSD.

    OS: Android 9 Pie; ColorOS 6.0 di atas.

    Baterai: 3,765mAh, 20W VOOC 3.0 charging.

    Konektivitas: Dual SIM (4G), Bluetooth 5.0, GPS / GLONASS, Wi-Fi a / b / g / n / ac, radio FM, USB-C, jack 3,5mm.

    Lain-lain: Pemindai sidik jari optik di bawah tampilan.

    Yang cacat pada specsheet yang terhormat adalah tidak adanya slot kartu memori - semua Realmes lainnya memilikinya, dan bukan hanya memilikinya, tetapi ini adalah slot khusus, terpisah dari SIM kedua. Ya, tidak pada X, dan tidak sama sekali.


    Pengeras suara

    Pengeras suara bawah-bawah Realme X yang sama adalah pengaturan yang sama dengan yang ada di Realme 3 Pro. Dalam pengalaman kami, X mengembalikan hasil yang hampir sama dalam dua tes, tetapi angka yang sedikit lebih rendah pada tes ketiga menempatkannya di braket Sangat Bagus. Mungkin perumahan yang berbeda memiliki efek pada frekuensi-frekuensi tertentu. Selain itu, kami tidak memiliki keluhan tentang kualitas suara.


    Kualitas audio

    Output audio Realme X adalah salinan karbon dari 3 Pro sebelumnya. Hal yang baik tentang ini adalah ia memiliki skor yang sangat baik dengan amplifier eksternal yang dikombinasikan dengan level volume yang sangat tinggi. Bagian yang tidak begitu bagus adalah headphone yang menyebabkan kerusakan cukup banyak, menjatuhkan kenyaringan di atas rata-rata. Kami juga melihat peningkatan mencolok pada crosstalk stereo dan beberapa distorsi intermodulation. Itu semua menambahkan hingga pertunjukan yang solid jika tidak spektakuler.


    Android Pie dan Color OS 6

    Realme X menjalankan Color OS 6 terbaru dari Oppo di Android 9.0 - pengaturan yang sudah kita lihat pada Pro 3 dan 3. Pikiran Anda, versi yang kami miliki di unit ulasan kami adalah untuk pasar Cina dan tidak dapat dihindari bahwa akan ada beberapa perbedaan dari yang akhirnya membuatnya ke versi global dari Realme X. Sementara tampilan dan nuansa umum akan menjadi sama, ikonografi dapat berubah dan kumpulan aplikasi yang sudah diinstal mungkin akan berbeda.


    Tolok ukur sintetis

    Realme X mengandalkan perangkat keras inti yang sama dengan Realme 3 Pro - ini adalah Snapdraon 710 yang bertanggung jawab atas banyak hal. Ada versi dengan 4GB, 6GB dan 8GB RAM, sementara penyimpanan 64GB atau 128GB. Unit ulasan kami adalah unit dengan spesifikasi tertinggi dengan 8GB RAM dan 128GB penyimpanan.


    Kamera

    48MP Quad Bayer kamera utama dengan sahabat karib 5MP-Kamera utama Realme X menggunakan sensor Sony IMX586 - 48MP Quad Bayer dengan Tipe 1/2 "ukuran keseluruhan dan pitch pixel 0,8 μm. Dipasangkan dengan lensa setara 26mm-aperture f / 1.7. Tidak seperti beberapa implementasi khusus ini Imager, pengaturan ini tidak memiliki OIS.


    Rekaman video

    Realme X merekam video hingga 4K pada 30fps. Tidak ada mode 60fps dalam resolusi 1080p, meskipun ini dapat dikenakan perbaikan perangkat lunak karena 3 Pro memilikinya dan menggunakan chipset yang sama. Anda mendapatkan opsi untuk memilih antara codec h.264 dan h.265. Tidak disebutkan tentang stabilisasi video di menu atau jendela bidik, tetapi sedikit pemotongan dalam 1080p / 30fps menunjukkan stabilisasi.


    Realme X tanpa kotak

    Realme X disertakan dalam paket standar abu-abu dan kuning perusahaan, yang diperkenalkan dengan U1, yang membantu pengenalan merek. Kotak ini memiliki huruf dua potong yang berbeda 'X' untuk membedakannya dari bagian Realmes lainnya.

    Desain dan tampilan 360 derajat

    Tidakkah Anda hanya menyukai ponsel dengan tampilan yang tidak memiliki bingkai, nyaris tanpa bingkai? Kami tahu kami melakukannya, dan Realme X adalah salah satunya. Melepaskan kamera selfie berarti tidak ada guntingan yang tidak sedap dipandang dan membawa kita selangkah lebih dekat ke tampilan bezelless yang menjadi tujuan akhir-akhir ini.

    Kita belum sampai di sana, dan X memang memiliki dagu yang sedikit lebih substansial daripada bagian sekeliling layar. Tidak berarti apa yang Anda sebut tebal, dan kasing dapat dibuat bahwa itu sebenarnya membantu dengan menyediakan area untuk mengistirahatkan ibu jari Anda dan titik yang sedikit lebih tinggi untuk memulai gerakan navigasi. Pastikan Anda tidak menafsirkan ini karena kami menentang ponsel yang benar-benar tidak berperasaan.

    Area lain di mana Realme X bertahan di atas tren adalah keamanan biometrik. Berkat memiliki layar OLED, sensor sidik jari handset dapat diletakkan di bawahnya. Ini adalah variasi optik yang lebih umum, berbeda dengan jenis ultrasonik yang digunakan pada Galaxy S10s.

    Sensor diposisikan pada jarak yang nyaman di atas tepi bawah layar - tidak terlalu rendah, tidak terlalu tinggi. Itu dapat diatur untuk diaktifkan ketika ponsel merasakan gerakan, atau dapat dicegah sampai Anda membangunkan ponsel, tetapi tidak bisa 'selalu aktif', secara tegas. Lift-to-activ berfungsi dengan baik, jadi pada saat Anda benar-benar menekan sensor, itu siap untuk Anda. Pembukaan kunci terjadi dengan cepat - tidak secepat, katakanlah, OnePlus 7 Pro, tetapi tentu saja jauh lebih cepat daripada iterasi awal.

    Jadi pembaca sidik jari di bawah layar, tetapi di mana kamera selfie? Itu naik dari dalam, pada platform bermotor kecil, seperti vivo NEX S, hanya di sini modul dipusatkan sebagai lawan berada di satu sisi.

    Realme menjanjikan mekanismenya baik untuk setidaknya 200.000 aktuasi dan Anda dapat menghitung berapa banyak selfie sehari yang memberi Anda periode 2 tahun - itu banyak. Mereka juga mengatakan itu ditutupi dengan kaca safir, tapi kami tidak melakukannya dalam ujian pilihan . Sebagian alasannya adalah karena kami tidak memiliki pilihan .

    Modul pop-up memiliki kecerdasan yang biasa kita dapatkan dari unit-unit seperti itu - modul ini akan secara otomatis menarik ketika jatuh terdeteksi dan ketika merasa Anda mencoba untuk mendorongnya secara manual.

    Kamera dan pembaca sidik jari sudah diperhitungkan, satu-satunya bit lain yang berpotensi merusak wajah ponsel adalah lubang suara. Realme berhasil menemukan ruang untuk celah di atas layar, di mana kaca memenuhi bingkainya. Anehnya, ini adalah dua driver terpisah di kedua sisi kamera - mungkin tidak terlihat, tapi di sanalah tempatnya silo dan perlu diangkangi untuk tujuan lubang suara. Implementasi ini tidak memiliki efek yang merusak pada kegunaan, ingatlah, tidak juga tidak terdengar seperti speaker piezo yang kita lihat di ponsel lain.


    Blitz

    Sensor cahaya dan kedekatan berada di bawah layar juga. Tidak ada status / notifikasi LED.

    Membalik telepon untuk melihat bagian belakang, kami melihat perakitan kamera terpusat - yang menjadikan ini Realme pertama di mana kamera tidak berada di sudut kiri atas. Namun, ciri-ciri keluarga lainnya tetap dipertahankan - aksen cincin emas di sekitar salah satu modul telah menjadi tanda tangan sejak Realme 3.

    Kedua kamera dan flash berbagi benjolan umum, sama seperti pada Realme 3 Pro dan 3 sebelumnya. Kita bilang benjolan, tapi nyatanya hanya sedikit terangkat - hampir setengah milimeter. Dan, berpusat, itu berarti X tidak memiliki kecenderungan untuk bergoyang di atas meja.

    Realme X akan tersedia dalam dua skema warna - Steam white dan Punk blue. Unit peninjau kami adalah yang terakhir dan Punk akan menunjukkan gradien biru ke ungu. Kami sudah terbiasa dengan gradien, dan yang ini bukan sesuatu yang inovatif, tapi tetap saja. Bingkai juga memiliki gradien yang diterapkan untuk mencocokkan bagian belakang, yang merupakan sentuhan yang bagus.

    Tata letak kontrolnya sama seperti pada semua Realmes lainnya dan itu bagus. Tombol power besar ada di kanan, sedikit di atas titik tengah. Tombol volume ada di sebelah kiri, volume turun langsung di seberang tombol daya.


    Satu hal yang tidak seperti Realme lainnya, dan itu hal yang buruk, adalah tidak adanya slot microSD. Baki kartu memiliki guntingan hanya untuk dua nanoSIM, ketika setiap Realme lainnya sampai saat ini memiliki yang ketiga yang didedikasikan untuk ekspansi penyimpanan. Mari berharap itu bukan indikasi tren yang akan datang.

    Jack 3.5mm ada di sini, tidak perlu khawatir. Basa-basi lain menunggu di bagian bawah juga - Realme X memiliki port USB-C dan itu adalah perubahan selamat datang dari sisa microUSBs lineup. Pengeras suara dan mikrofon utama juga ada di sekitar ini, sementara mikrofon sekunder ada di bagian atas.


    Thea Realme X berukuran 161.3x76.1x8.6mm dan beratnya 191g. Ini bukan ponsel kecil, tetapi untuk perangkat 6,53 inci, perangkat ini sekompleks yang Anda harapkan. Oppo F11 Pro stablemate 6,53 inci lebih ringan, dan 0,2mm lebih tebal, tetapi itu hampir tidak berbeda.


    Notchless OLED 6,53 inci

    Realme X dilengkapi dengan layar OLED 6,53 inci - yang pertama dari jenisnya untuk merek yang berorientasi nilai. Ini memiliki resolusi FullHD + dalam aspek 19.5: 9 atau, lebih khusus, 1080x2340px, yang menghasilkan kepadatan 394ppi. Sedikit yang terbaik tentang panel ini adalah tidak ada kedudukannya - kamera selfie tidak menghalangi.

    Kecerahan maksimum yang kami ukur adalah 448 nits - hampir persis 450 nits Realme menjanjikan, dan hasil OLED yang cukup khas. Namun, tidak ada peningkatan dalam mode Otomatis, jadi hanya itulah kecerahan yang akan Anda dapatkan dalam cahaya apa pun. Cukup, meskipun - kami tidak memiliki masalah dalam penggunaan di luar ruangan.

    Di ujung paling kiri dari slider kami mengukur 2,4nits, jadi menonton malam hari harus sama-sama bebas masalah. Hitam pekat yang sempurna berarti kontras tanpa batas, dapat diprediksi.

    Reproduksi warna di luar kotak memiliki karakteristik tampilan OLED-y - warna punchy lebih penting daripada akurasi, bukan? Putih dalam mode Default memiliki pergeseran biru yang nyata (deltaE sekitar 9) dan deltaE rata-rata keseluruhan adalah 6,4 ketika memeriksa satu set swatch terhadap target sRGB. Jika Anda memindahkan slider sepenuhnya ke pengaturan terhangat, Anda akan mendapatkan putih yang jauh lebih baik (meskipun tidak sepenuhnya sempurna dengan deltaE 4), tetapi rata-rata deltaE tetap tidak mengesankan di 5,6.


    Masa pakai baterai Realme X

    Realme X beroperasi dengan baterai 3.765 mAh, sedikit lebih kecil dari paket daya 4.045mAh dari Realme 3 Pro. Internal pada dasarnya sama di sini, tetapi layar sedikit lebih besar (6,53 "vs 6,3") meskipun seharusnya lebih efisien menjadi OLED dan semuanya.

    Mengesampingkan display selama beberapa jam, kami mengukur 28: 33 jam pada panggilan suara 3G vs. 3 Pro's 30:46, yang selaras dengan perbedaan kapasitas antara kedua ponsel. Begitu juga penarikan siaga yang kami alami, yang tidak masuk pada kartu skor tetapi termasuk dalam skor akhir.

    Sebagian besar sifat putih halaman web dalam tes penelusuran web Wi-Fi berarti Realme X tidak bisa menyamai hasil 3 Pro's 13: 48jam, tetapi 12: 27jam masih banyak. Dan dengan OLED yang biasanya menghasilkan skor lebih baik saat memutar video, kami mendapat 16 jam penuh dari X vs 3 Pro's 15 jam (perlu diingat kapasitas baterai yang lebih kecil pada X).

    Mengisi semua angka individu dalam formula kami, kami mendapat peringkat Daya Tahan keseluruhan 86 jam.