Ulasan smartphone Xiaomi CC9: pilihan baru untuk anak muda Gaul

Daftar isi :


    Xiaomi mengakuisisi proyek smartphone Meitu pada tahun 2018, yang dianggap sebagai sinyal yang jelas bahwa Xiaomi akan memasukkan pemuda terutama perempuan sebagai target pelanggan mereka. Meitu adalah produsen perangkat lunak paling terkenal dalam pengalaman kecantikan bergerak di Cina.


    Tampilan & desain

    Sekilas, kedua ponsel ini paling mirip jika kita mengabaikan warna belakangnya. Mereka berdua berbagi penampilan yang sama terutama karena kenyataan bahwa tampilan dan desain belakang mereka identik. Kedua ponsel ini memiliki layar Super AMOLED 2340 x 1080p 6,39 inci di bagian depan dengan kedudukan tetesan air. Layar level unggulan menjadikan hasil rasio layar-ke-tubuh menjadi 91%. Setelah membandingkan detail kedua tampilan ini, cukup yakin bahwa Xiaomi CC9 menawarkan tampilan tingkat unggulan, meskipun tidak mengejutkan jika kita melihat spesifikasi di Mid-2019.

    Melihat kembali ke pengaturan belakang, kedua ponsel ini memiliki fitur pengaturan tiga kamera dalam pengaturan vertikal yang identik. Semua faktor ini berkontribusi pada penampilan mereka yang serupa. Sementara itu, bagian belakang diiklankan menggunakan holografik, desain semua-lengkung, yang memang berkontribusi pada perasaan langsung yang lebih baik.


    Tapi mirip Mi9 kembali, itu juga pengumpul sidik jari.

    Xiaomi Mi9 dirilis sebagai unggulan sejati dan diposisikan sebagai produk premium dengan harga murah, sedangkan Xiaomi CC9 memiliki misi yang lebih spesifik. Xiaomi bertujuan untuk menggambarkan CC9 sebagai smartphone fashion untuk anak muda, terutama mereka yang mengagumi penampilan cantik dan suka mengambil foto. Itu juga alasan bagi Xiaomi untuk menyebutnya seri CC, yang berarti Chic & Cool. Selain itu, Xiaomi terus menyesuaikan strategi penetapan harganya di CC9 untuk memperluas pangsa pasarnya. Tapi seperti yang kami sebutkan sebelumnya, bagaimana bisa menyenangkan anak muda yang mengagumi penampilan hanya dengan penampilan Mi9 saja? Solusi mereka di sini adalah memberikan versi warna yang lebih hidup. Kali ini, termasuk versi MEITU tertinggi, Xiaomi CC9 memiliki 4 versi warna di atas meja: Kekasih Putih, Planet Biru dan Pangeran Hitam untuk versi Standar, dan warna Peri untuk versi Meitu.

    Meskipun manajer produk Xiaomi menghabiskan banyak waktu untuk memperkenalkan betapa rumitnya teknologi warna yang hidup, itu masih merupakan pengalaman dan preferensi individu. Apakah Anda ingin ponsel cerdas Anda bersinar setiap saat?


    Kamera

    Selain Chic & Cool, CC memiliki arti lain, 'Kamera & Kamera'. Sebagai smartphone khas untuk kaum muda, Xiaomi meningkatkan kamera belakang & depan mereka ke level atas. Namun, kita juga dapat melihat kompromi karena kontrol biaya. Pengaturan kamera belakang adalah sebagai berikut:

    48MP SONY IMX586, 48MP, 0.8μm , f / 1.79, No OIS

    8MP Kamera ultra lebar 120 °, No OIS

    Kamera kedalaman 200MP, No OIS

    Dibandingkan dengan Mi9, kamera ini mempertahankan kamera utama untuk sebagian besar fotografi tetapi memotong kamera telefoto 16MP dan mengurangi resolusi kamera lebar menjadi 8MP.

    Peningkatan sebenarnya adalah kamera depan. Ini adalah kamera Samsung 32 MP yang dapat mengambil foto dengan resolusi 6560 × 4928. Jadi, mungkin Xiaomi berasumsi bahwa target pengguna CC9 adalah kelompok-kelompok muda dan mereka sangat menghargai pemotretan potret depan.

    Dibandingkan dengan flagships lainnya, Xiaomi CC9 tidak menghadirkan rentang dinamis yang luar biasa di sini. jadi, Anda sebaiknya mengaktifkan mode HDR di sini untuk menyempurnakannya. Dalam kondisi kontras tinggi dan cahaya rendah, ini menunjukkan kualitas yang cukup baik pada reproduksi warna dan kontras, namun kontrol kebisingan yang buruk pada area bayangan tidak menghasilkan hasil yang memuaskan. Sementara di bawah adegan kontras rendah, masalah noise kurang jelas dan gambar umum terlihat cukup bagus dengan banyak detail. Pada pemandangan malam dengan kondisi cahaya sangat rendah, dengan mode pencahayaan otomatis, tidak ada yang patut dipuji, sementara dengan mode malam super menyala, kecerahan umum ditingkatkan secara signifikan.

    Sebagai kesimpulan, tampaknya Xiaomi CC9 cenderung menghasilkan gaya gambar saturasi rendah di bawah kondisi cahaya rendah. Tetapi, sementara itu, ia meningkatkan kecerahan secara signifikan melalui ISO tinggi, umumnya pada angka di atas 3200. Saat kami sedang mengerjakan uji smartphone, lebih banyak informasi dan contoh hasil kinerja kamera segera hadir oleh tim peninjau video Gizmochina. Silakan terus memantau pembaruan terbaru kami.

    Tentang perekaman videonya, Xiaomi CC9 dapat merekam hingga 4K 30p video. Dalam hal kurangnya OIS, perekaman video tidak mencapai stabilisasi yang baik di sebagian besar kondisi,


    Fitur gambar & kecantikan

    Fitur lain yang layak dibicarakan adalah Mimoji. Saat ini, ini merupakan fitur eksklusif untuk Xiaomi CC9 tetapi tidak termasuk versi Meitu. Karena penampilan yang mirip dengan Apple Memoji, Xiaomi telah terperosok dalam kontroversi ide plagiarisme. Menurut penjelasan resmi Xiaomi, proses pembuatan Mimoji berbeda dari Memoji. Mimoji dapat secara otomatis menghasilkan Mimoji dari gambar asli Anda, sementara Anda hanya dapat membuat Memoji secara manual. Tetapi, jika kita membandingkan efek akhir, ekspresi wajah animasi dengan berbagai gaya rambut, kita harus mengakui bahwa harus ada relevansi di antara mereka. Sebagian besar mungkin akan menganggapnya sebagai mencuri, sementara beberapa orang hanya menyebutnya pinjaman ideal.


    Kembali ke telepon pintar,

    Mimoji terlihat baik dengan menunjukkan banyak ekspresi seperti mengedipkan mata, tersenyum, menjulurkan lidah, aksi bulan dan sebagainya. Ini tidak terbatas pada foto yang ditutupi Mimoji. Ini juga mendukung perekaman video pendek 15 detik, yang siap untuk media sosial.

    Xiaomi juga menyebutkan fitur 'magic sky wiper' (bukan judul bahasa Inggris resmi), yang pada dasarnya adalah untuk membantu Anda mengubah tipe langit gambar Anda dengan satu klik. Skenario biasanya tentang fotografi lanskap di bawah cuaca buruk, atau Anda hanya ingin langit yang signifikan menutupi memori Anda. Efeknya sangat mengesankan dan jauh lebih baik dari yang kami harapkan. Tepi dikenali dengan baik karena keseluruhan nada gambar disesuaikan dengan menutupi filter (lihat di bawah). Tetapi sekarang hanya ada beberapa jenis langit untuk pilihan, yang berarti bahwa dengan menggunakan jenis tetap, Anda mungkin akan ketahuan membuat langit palsu melalui perangkat lunak di media sosial.


    Performa

    Xiaomi Mi9 menawarkan prosesor unggulan Snapdragon 855, sedangkan Xiaomi CC9 adalah mid-ranger dengan Snapdragon 710. Snapdragon 710 telah membuktikan dirinya sebagai prosesor sub-unggulan. Ini dapat menangani sebagian besar permainan telepon tanpa masalah dan mendukung kelancaran sistem yang baik. Setelah bermain 40 menit PUBG Mobile dengan pengaturan grafis tertinggi, meskipun sering berfluktuasi, frame rate tetap pada rata-rata 50fps. Kefasihan game bahkan berada di tingkat pertama di antara semua perangkat Snapdragon 710, meskipun membandingkan dengan flagships dengan snapdragon 855 masih ada celah yang luar biasa.


    Baterai & Pengisian Daya

    Xiaomi CC9 memiliki baterai 4030 mAh yang bahkan lebih besar dari saudaranya, Xiaomi Mi9. Baterai yang begitu besar biasanya mengarah ke ukuran yang lebih besar. CC9 tidak terkecuali. Tebal 8.67mm, sedangkan sosok Mi 9 hanya 7.61mm. Tetapi CC9 tidak terasa lebih berat, karena beratnya 179g. Melihat masa pakai baterai, telepon dapat bertahan selama sekitar 8-10 jam di bawah frekuensi penggunaan yang tinggi (mis. Musik, video, media sosial), sementara itu dapat bertahan selama 4-5 jam sebagai mesin game. Dalam pengujian kami, Xiaomi CC9 dapat mengisi daya dari 10% hingga 47% dengan termasuk pengisi daya 18W dalam 30 menit. Hasil tes baterai tidak buruk tetapi tidak mengejutkan.


    fitur tambahan

    Beberapa fitur tambahan seperti NFC dan 'pengontrol jarak jauh inframerah' sangat bermanfaat dan menyenangkan. Ini bukan fitur inti yang diiklankan, hal-hal kecil ini pasti meningkatkan pengalaman pengguna dan memberikan kesan yang baik.

    Setelah mengalami Xiaomi CC9 sebagai ponsel utama saya hari ini, tidak diragukan bahwa CC9 adalah mid-ranger yang seimbang. Jika kita membiarkan kontroversi salinan dan desain Mi9 yang serupa sendirian, kami bersedia memberikan komentar positif tentang itu. Tetapi kontroversi itu secara objektif mengancam citra merek Xiaomi. Kontroversi semacam ini telah berlangsung bertahun-tahun. Beberapa kritikus menganggap Xiaomi sebagai copy residivis di antara perusahaan teknologi. Suara-suara seperti itu jelas berbahaya bagi kinerja pasar Xiaomi CC9.

    Mempertimbangkan beberapa fitur seperti pengalaman audio dan kamera yang akan jauh lebih intuitif untuk ditampilkan dalam video, kami memutuskan untuk memberikan ulasan lengkap dengan lebih detail dalam video ulasan kami. Jika Anda tertarik dengan Xiaomi CC9

    Xiaomi Mi CC9 juga memiliki bentang layar cukup besar yaitu 6,39 inch dengan resolusi Full HD+. Ponsel ini hadir dengan panel Samsung AMOLED dengan fitur Always on Display. Notch tetesan air di bagian atas membuat layarnya punya screen to body ratio mencapai 91%.


    Harga

    Xiaomi Mi CC9 memiliki dapur pacu Snapdragon 710 dengan baterai berkapasitas 4.030 mAh dan mendukung fast charging 18W. Ponsel ini menggunakan OS Android Pie dengan balutan antarmuka MIUI 10

    Selain itu, ponsel ini juga memiliki fitur keamanan berteknologi UD fingerprint scanner atau sensor sidik jari di layar. Fitur lainnya, ponsel ini mendukung NFC, IR Port, dan jack audio 3,5mm.

    Tak perlu khawatir, Mi CC9 ini hadir dalam dua varian yang mudah untuk dipilih, yaitu ponsel dengan RAM 6 GB dan ROM 64 GB yang di banderol dengan harga 1.799 yuan atau Rp 3,7 juta, dan ponsel dengan RAM 6 GB dan ROM 128 GB dengan harga 1.999 yuan atau Rp 4,1 juta.