Cara Memasang Tweak Beserta Kegunaannya

Daftar isi :

    Depeliar – Beberapa tahun belakangan ini, Smartphone Android menjadi pilihan terbanyak bagi para masyarakat untuk mereka miliki. Android adalah Operating System yang dikembangan google yang berbasis Open Source. Nah, karena berbabasis Open Source, Android bebas dimodifikasi melalui cara rooting. Kita bebas memodifikasi Android agar smartphone kita mendapat performa yang lebih baik dari sebelumnya. Nah biasanya pada opreker, menggunakan “Tweak” untuk meningkatkan performa HH (HandHeld) mereka. Nah, kali ini saya akan membahas “Cara Memasang Tweak Beserta Kegunaanya”.

    Apa itu Tweak?

    Tweak adalah script yang berada pada sistem baik pada build prop ataupun pada folder init.d.

    Kegunaan dari Tweak.

    Tweak memiliki berbagai kegunaan berdasarkan kegunaan tweak masing masing itu sendiri. 
    Para opreker biasa memakai tweak untuk:

    1.Menambah Performa HH

    2.Melegakan RAM

    3.Menambah Performa dalam Gaming

    4.Membantu proses multitask

    5.Membuat HH menjadi lebih Smooth


    Selain kegunaan diatas, sebenarnya masih banyak kegunaan tweak yang lain. Karena, setiap tweak akan memiliki kegunaan yang berbeda – beda sesuai dengan apa yang telah pembuat rencanakan.

    Lalu bagaimana cara memasang Tweak?

    Baca juga: Cara Melegakan RAM Dengan Greenify Modded

    Memasang Tweak ada dua cara yaitu secara manual, dan melalui recovery. Berikut caranya:

    Cara Pasang Tweak secara Manual:

    1.Pastikan Android ROOTED, dan telah menginstal beberapa aplikasi ini, yaitu, BusyBox, Universal init.d, dan Root Explorer. Kalian bisa mendownload melalui Google Play Store ataupun pada situs situs tempat download aplikasi.

    2.Setelah semua terinstal, Buka BusyBox, kemudian tunggu loading hingga 100%, centang “Auto Update Busybox” di pojok kanan atas, kemudian klik install. Tunggu hingga muncul popup kemudian klik “Ok”. Lalu reboot HH kalian.

    3.Setelah di reboot, buka root explorer, masuk ke system/etc/init.d. Dan pastekan tweak yang telah kalian download ke folder tersebut. Apabila tweak yang kalian download masih berbentuk .zip, maka kalian harus mengekstraknya terlebih dahulu.

    4.Setelah dipaste, buka aplikasi Universal init.d dan ganti tombol “off” menjadi “on”. Lalu reboot hp kalian.

    Baca juga : Gear Build Gatot Kaca Mobile Legends

    Cara Pasang Tweak via Recovery:

    1.Pastikan Android sudah ROOTED, terinstal Recovery mod, Busybox,Dan Universal init.d. Recovery mod ini ada beberapa macam, contohnya, CWM (Clock World Mod), TWRP, dan lainnya. Dan kalian telah mendownload tweak berbentuk .zip. tweak tersebut diletakkan di memory internal HH kalian.

    Baca juga : Cara Lock Sinyal 4G Android dengan Mudah

    2.Buka Busybox dan tunggu loading hingga 100%, kemudian centang “Auto Update Busybox” dan klik instal. Setelah selesai, buka Universal init.d, ubah "off" menjadi "on".

    3.lalu matikan HH kalian, dan masuk ke recovery mod tersebut. Untuk masuk pada recovery, kalian harus menekan tombol power + volume up + tombol home secara bersamaan.

    .Setelah masuk pada recovery, hapus dalvik/chache terlebih dahulu.

    4.Setelah dihapus, pilih “Install from sdcard” untuk yang menggunakan CWM, dan pilih “Install” untuk yang menggunakan TWRP.

    5.Carilah tweak berekstensi .zip yang telah kalian download dan install, yang menggunakan TWRP, kalian perlu menggeser/menswipe untuk menginstallnya.

    6.reboot hh kalian dan hh kalian sudah terinstal tweak.

    Selamat HH kalian telah terinstal tweak. Sebelum menginstal tweak, sebaiknya kalian membackup dulu android kalian tersebut, agar jika terjadi hal hal yang tidak diinginkan seperti bootlop, hh anda bisa tertolong tanpa harus melakukan proses flashing. Sekian artikel tentang “Cara Memasang Tweak Beserta Kegunaannya”, terimakasih sudah berkunjung, dan semoga bermanfaat.